Minggu, 04 April 2010

Bikin Tombol Dan Fungsi Menu dengan CVAVR

Ya berhubung masih newbie,, jadinya tutorialnya yang ringan2 saja ya,, harap maklum kerjaan saya Cuma tidur, makan n maen trus.. hehhehehe..
Sekarang saya akan membahas tentang caranya bikin program menu… Kayak HP tu kan kalo mau masuk ke menu utama tinggal pencet tombol yang ada di tengah2 atas itu.. Kecil-kecil hitam manis menarik hati… Loh kok malah ngaco….. hehehhe..
Pertama-tama kita buat dulu rangkaian elektroniknya… Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah Push Button bukan push toggles lho… Tau kan bedanya.. Kalu yang toggles bila dipencet sekali ga akan balik ke posisi semula karena adanya suatu penahan atau kancing dan bila dipencet sekali lagi baru balik ke posisi awal,, ya kayak saklar listrik gt lah… Namun kalo push button langsung balik ke posisi awal karena diberi semacam suspensi atau pir. Jumlahnya sesuai yang kita inginkan aja ya.. Tapi ga bisa banyak2 karena satu tombol hanya untuk satu PIN di mikro.. Beda lagi ntar kalo pake keypad.. 8pin aja bisa untuk 16 tombol (menggunakan teknik multiplekser.. {waduh kok inggrisnya njawi,, maklum masih k-gok bahasa inggris n jawa tulen nih}.Belum akan dibahas dulu tentang keyapad, akan dibahas kalau sudah waktuny, kalau ada watu buat bkin artikelnya.. hehehehe).
Supaya programnya ntar ketahuan apakah berjalan sesuai keinginan kita,maka kita tambah indicator. Biar gampang pake LCD 16x2 saja karena pembahasan LCD sudah saya ada di blog ini,, jadi akan mudah dalam latihan tombol menu…
Selanjutnya langsung aja ke pembahasan,, pertama-tama siapin dulu hardwarenya dan softwarenya(cvavr). Untuk hadware kita langsung aja bikin skematiknya seperti gambar berikut :

Tu kan pus button atau switch kaki 4 berjumlah 3 buah,,, dari 4 buah itu yang dipakai Cuma 2 saja,, karena fungsi dari 2 kaki sama dengan pasangannya,, wiring nya salah satu dihubungkan dengan PIN di mikro dan salah satu di VCC atau GND ( apabila VCC berarrti aktif High dan bila GND merupakan aktif Low),, saya sarankan memakai aktif Low karena mikro mempunyai karakteristik lebih cepat memproses logika 0. Dalam skematik tersebut saya juga menggunakan aktif LOW.

Apabila semua sudah siap tinggal sambungin saja ke pin di mikro kemudian tinggal coding.. sama seperti sebelum-sebelumnya :
1. Pertama masuk ke CVAVR dan memulai new project


2. Atur miro apa yang digunakan dan berapa clock yang diguanakan


3. Kemudian inisialisasi LCD masuk ke PORT apa..


4. Dan bikin fungsi PIN yang dihubungkan dengan push button dengan fungsi inputan, karena ntar fungsi pushbutton sebagai pemberi logika (inputan) ke dalam mikronya.. Dan jangan lupa fungsi inputan tersebut diganti dengan P atau pull up karena kita menggunakan push button bukannya T sebagai toggles . seperti gambar berikut :


5. Apabila sudah ke menu file dan pilih generate, save, and exit.. Dan memulai coding
Codingnya sebagai berikut :
Biar mudah kita bikin saja state-state untuk memudahkan pembuatan fungsi menu.
Pertama bikin coding utama seperti ini :



Untuk penjelasan LCD saya anggap sudah bisa jadi saya lewati saja,, langsung aja ke fungsi Menu nya.
Saya rasa program Menu nya sangat mudah dipahami, pasti kalian sudah bisa memahaminya.. Apabila tombol satu dipencet maka akan masuk ke state yang disebutkan dalam program, dan seterusnya.
Karena inisilaisasi variable dalam program masih belum ada maka kita bikin inisialisasinya :
a. tombol satu,dua,dan tiga (melihat dari hadware yang dibuat, kalo saya menggunakan PINC0-2)


b. fungsi dalam state

c. State itu sendiri
Unsigned char state

d. Dan header delay
#include

Selamat Mencoba






3 komentar:

Anonim mengatakan...

Kurang rinci mas penjelasannya.. tapi mantab dah saya jadi lebih tau sekarang bikin program dasar

Anonim mengatakan...

bisa di simulasikan di proteus g mas

Unknown mengatakan...

maaf mas, gg jelas

Posting Komentar